Bukan Produksi Indonesia, Chery Omoda 5 Patah As di Malaysia

Viral mobil Chery Omoda 5 mengalami patah as roda belakang di Malaysia. PT Chery Sales Indonesia sudah pastikan bahwa produk tersebut bukan di produksi di Indonesia.

“Betul yang viral itu sebenarnya berada di Malaysia, Namun mobil tersebut bukan bagian produksi yang ada di Indonesia,” ucap Reza Deniar, Head of After Sales Chery Sales Indonesia di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

Seperti yang diketahui Chery Sales Indonesia (CSI) sudah melakukan perakitan lokal di fasilitas rekanannya, PT Handal Indonesia Motor yang terletak di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Produk yang sudah dirakit dalam negeri ialah Omoda 5 dan Tiggo Series.

Chery juga kemitraannya dengan Inokom untuk perakitan lokal CKD di fasilitas seluas 200 hektar di Kulim, Malaysia. Dua model Cherry pertama yang akan diluncurkan dari pabrik SUV Omoda 5 dan Tiggo 8 Pro.

Reza Daniar sudah pastikan produk yang dipasarkan di Indonesia sudah melewati tahap pengecekan kualitas.

“Memang kita perlu antisipasi, pastinya bekerja sama dengan dealer semua unit yang terkirim dalam kondisi baik. Oleh karena itu untuk memastikannya, ada namanya PDI (Pre Delivery Inspection) yang kita lakukan. Jadi sebelum unit dikirim kita lakukan pengecekan, namun sekali lagi yang disampaikan sekarang bahwa yang terjadi di Malaysia berbeda dengan produksi yang ada di Indonesia,” imbau Reza.

Kejadian tersebut menimpa seorang pengguna Chery Omoda 5 di Malaysia dengan nama Stephanie. Melalui akun facebook-nya, Stephanie melaporkan kejadian tersebut supaya mendapatkan respon yang cepat dari pihak Chery Auto Malaysia.

“Hai Chery Malaysia, Saya ingin meminta penjelasan, mengapa as belakang mobil saya patah ketika mengemudi. Selama saya gunakan tidak melewati jalan rusak, tidak ada kecelakaan lalu lintas, tidak melewati jalan berlubang, pada saat digunakan mendadak gagal di tengah jalan,” unggah Stephanie di akun facebook-nya, Minggu (28/4/2024).

“Saya bukan ahli mobil jadi tidak akan berspekulasi lebih jauh, namun sepertinya anda bisa menggunakan ahli anda dan Puspakom untuk melihatnya dan memberi tahu saya apa yang salah, serta apa langkah selanjutnya yang akan Anda lakukan,” sambungnya.

Sejak berita ini diturunkan, Chery Malaysia telah memberikan pernyataan resmi sebagai respons kasus patahnya as roda belakang Chery Omoda 5. Chery Auto Malaysia berkomitmen untuk menyelesaikan perihal ini, dalam pernyataan tersebut.