Penyedia Sewa Kano Panen di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Penyedia Sewa Kano Panen di Pulau Pari

Momen Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru) memberi berkah bagi pelaku usaha di Kepulauan Seribu. Jumlah wisatawan yang melancong ke Kepulauan ini memang meningkat dibanding periode 2022/2023. Otoy, salah seorang penyedia jasa sewa kano di Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari, Kepulauan Seribu mengaku bersyukur dengan meningkatnya jumlah wisatawan. Kehadiran para wisatawan dinilai berhasil mengangkat perekonomian warga sekitar. “Kalau kunjungan cukup ramai juga lah, lumayan dibanding hari biasa. Kalau dibanding tahun kemarin juga ramean ini lah, cuman berapa-berapanya saya nggak hapal,” katanya kepada detikcom di Pantai Pasir Perawan, Dari hitungannya ada lebih dari 50 wisatawan yang menggunakan jasanya, dengan tarif sewa Rp 60 ribu per jam. Asumsi kasarnya, Otoy berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 3 juta.

Wisata Yang BerLiburan di Pulau Pari Sangat Ramai

“Dua hari dari Sabtu-Minggu kemarin lah, itu lebih dari 50 penyewa kano yang biasanya juga kadang-kadang mereka menggunakan Paket Pulau Pari. Jadi kalau sistem kano dia waktunya sudah habis terus sandar kemari. Adalagi yang nyewa nanti, jadi turun naik gitu,” jelasnya. “Kano dibatasi per jam. Kita harganya Rp 60 ribu bisa untuk berdua. Itu bebas ke mana aja, cuman batasnya ada pohon mangrove itu tuh,” lanjutnya Saat ditanya lebih rinci soal omzet selama Nataru, Otoy mengaku tak begitu hapal. Ia hanya menjelaskan ada peningkatan jumlah penyewa kano saat Nataru dibandingkan hari biasa. Adapun di luar momen liburan Otoy menyebut hanya sedikit wisatawan yang menyewa kano-kano di tempatnya. Terkadang hampir tidak ada yang menyewa sehingga ia memilih mencari nafkah dengan memancing di laut. (Hari biasa) setengahnya mungkin nggak ada. Kadang-kadang hampir nggak laku malah. Paling kalau pengunjung kurang kita bisa melaut, mancing,” ujarnya.

Oleh karena itu ia berharap promosi Paket Pulau Pari bisa ditingkatkan. “Harapan saya biar bisa lancar, biar di sini bisa nambah ikon, yang penting dari wisatawan bisa bekerja sama. Dari pihak travel maupun dari pengunjung. Promosi juga lah ya,” imbuhnya.

Jumlah Kunjungan Pelancong Yang Tour ke Pulau Pari

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Kepulauan Seribu Mu’min. SE., MM., M.Mar mengatakan, jumlah wisatawan yang masuk per 31 Desember 2023 mencapai 5.670 orang. Wisatawan tersebut adalah yang datang ke Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Kelapa dan Harapan, Pulau Tidung dan Pulau Pramuka menggunakan jasa Travel Pulau Seribu. Sementara penumpang yang kembali ke Jakarta setelah malam tahun baru mencapai 2.500 orang. “Total penumpang yang masuk pada 31 Desember 2023 total 5.670 orang. Ada 5 wilayah kerja, dan khususnya di Pulau Pari ini, setelah melaksanakan wisata dan malam tahun baru 2024, kurang lebih 2.500 penumpang yang akan balik ke Jakarta. Imbauan kami tetap menjaga kesehatan, keamanan dalam perjalanan, utamanya saat di atas kapal,” katanya di Pulau Pari, Kepulauan Seribu Jakarta.